Daftar Ulang Pasraman 22 Juli 2018, Tiga Hal Ini Harus Sudah Kamu Miliki

Sesuai pengumuman terakhir Ketua Pasraman JSA sebelum liburan kenaikan kelas bahwa tanggal 22 Juli 2018 siswa siswi atau orang tua wali murid sudah dapat melaksanakan daftar ulang pasraman.

Dengan berpedoman pada Kalender Pendidikan Jatim 2017 maka hari pertama masuk sekolah adalah nanti tanggal 17 Juli. Selamat masuk sekolah kembali ya. Untuk kelas 6, 9, dan 12 selamat atas kelulusannya.


Baca juga :Brahmacari merupakan tingkatan pertama dari catur asrama yang harus dilalui oleh manusia dalam perjalanan hidupnya. Sejak lahir ke dunia ini manusia sudah mulai belajar. Belajar berbicara, belajar merangkak, belajar berjalan, belajar berfikir, belajar bekerja, belajar tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, diucapkan dan difikirkan. Makin bertambah umur, makin banyak yang harus dipelajari. Ada ilmu pengetahuan seni dan teknologi yang harus ditelaah untuk bekal dalam memasuki tahap hidup selanjutnya. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, baik melalui pendidikan formal, informal maupun nonformal. Semua pengetahuan, keterampilan, kecakapan, kebiasaan, kegemaran, sikap dan lainnya yang diperoleh semasa kehidupan brahmacari merupakan potensi yang diperoleh akibat belajar, akan sangat menentukan warna kehidupan berikutnya. Hal ini akan menghasilkan perubahan pada diri seseorang baik aktual maupun potensial.”


Daftar Ulang Pasraman JSA dapat dilakukan mulai tanggal 22 Juli 2018 sejak pkl 08:00 wib dengan membawa persyaratan- persyaratan yang dibutuhkan. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi administrasi pada hari tersebut di ruang kantor Pasraman JSA.

Berikut ini adalah tiga hal yang harus sudah kamu miliki sebelum daftar ulang pasraman :

1. Niat Belajar di Pasraman

daftar ulang pashraman - niat belajar di pasraman
Sarasamuscaya 79-80

Pikiran adalah yang sangat menentukan perkataan dan perbuatan manusia. Pikiran ada sumber dari segala keinginan, ialah yang mengarahkan dan menggerakan perbuatan menuju kebajikan atau kejahatan.

Maka usahakanlah terlebih dahulu mengendalikan pikiran sebelum mengutarakan dan mengusahakan keinginan. Keinginan untuk belajar itu akan lebih mungkin diwujudkan saat niat sudah bulat karena niat akan membawakan tekad sehingga kesulitan dan godaan itu tidak berarti apa apa sebelum mencapai keinginan memeroleh pengetahuan di pasraman.
Akan menjadi sia-sia usaha daftar ulang tanpa didahului niatan untuk belajar di pasraman. Karena konsetrasi yang tidak terpusat pada pelajaran dan kegiatan maka yang dijalani di pasraman hanyalah menghabiskan waktu dan tenaga tanpa menyerap ilmu dan pengalaman yang ditemui. Dan yang terparah malah tidak lagi pernah hadir di kelas hanya hadir disaat sedang ulangan.

Jadi, utamakanlah niat belajar.

2. Artha Pendukung Pembelajaran

daftar ulang pashraman - artha pendukung pembelajaran
Brahma Purana, 228.45

Sarira ini hanya boleh dipergunakan untuk mencapai dharma, artha, kama dan moksa atau disebut sebagai catur purusa artha (catur warga).


Baca juga : “Artha merupakan alat untuk mencapai kepuasan hidup, adapun fungsi Artha dalam kehidupan dibagi menjadi tiga, yaitu : Maha don dharma karya ( untuk kepentingan dharma/ agama ), Maha don kama karya ( untuk dinikmati/ memenuhi kama ), dan Maha don artha karya ( dikembangkan untuk kemakmuran dan kesejahtraan ).”


Artha sendiri memiliki dua fungsi, yaitu ; 1. untuk kemakmuran dan kesejahteraan, dan 2. untuk “dana dana” sosial atau punia, terutamanya disamping demi kepentingan yajna juga demi kemajuan pendidikan.


Baca juga : ‘Artha, ialah harta benda untuk memenuhi keperluan hidup. Yang termasuk artha ada 3 bagian, yaitu : Bhoga, segala keperluan akan pangan/minum tiap-tiap hari yang cukup.Upabhoga, mencukupi keperluan tentang sandang/pakaian dan perhiasan. Paribhoga, terpenuhinya perumahan, pendidikan dan hiburan.”


Artha berupa uang merupakan pendukung atau penopang dari niat belajar di pasraman. Pada masa brahmacari ini, artha yang kamu peroleh sebagian besar tidak lepas dari peran orang tua. Meskipun sesungguhnya ada beberapa anak yang pada masa ini betul-betul menghasilkan uang sendiri baik dengan membantu pekerjaan orang tua ataupun merubah hasil karyanya sendiri menjadi suatu pendapatan.

Beberapa peruntukan uang dalam pembelajara yakni : secara tidak langsung (transportasi, makan siang, parkir, dst), dan secara langsung (administrasi, kaos, buku paket, dst)

Jadi, hargailah artha yang menjadi pendukung pembelajaranmu.

NB : Untuk yang dirasa mengalami kesulitan dalam hal administrasi, mohon menghubungi Ketua Pasraman.

3. Pergaulan yang menyenangkan

daftar ulang pashraman - pergaulan yang menyenangkan
Sarasamuscaya 302

Banyak teman yang bisa ditemui di pasraman ada beraneka karakter, asal sekolah, latar belakang, dan minat yang digeluti. Dari segala macam perbedaan itu, membaur dengan keragaman tersebut akan melatih kepercayaan diri saat berhadapan pada situasi sulit. Kemampuan menyesuaikan diri betul-betul dibutuhkan saat tersebut.

Bergaulah dengan peminat dharmawacana saat kamu masih pemalu dan ingin merubah itu. Bergaulah dengan peminat dharma yatra saat kamu masih belum cukup tahu pura yang ada disekitarmu. Bergaulah dengan peminat dharma tula bila kamu cukup percaya diri dan masih ingin memperluas wawasan. Bergaulah dengan peminat dharma gita bila kesenian utamanya olah vokal begitu menyemangatimu. Bergaulah dengan peminat dharma sadana bila minat selain belajar secara teoritis namun juga ingin secara praktis dan sistematis. Momen terbaik untuk menjumpai kelima peminat di atas biasa terjadi pada acara dharma santhi setelah pelaksanaan rangkaian catur brata penyepian.

Jadi, milikilah pergaulan yang menyenangkan agar ada contekan saat ulangan lingkungan belajarmu nyaman.

Merasa kurang dan tidak cukup 3 hal ini saja.. Tambahkan di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *